Tutorial Belajar WordPress Lengkap Untuk Pemula

Belajar wordpress itu mudah, itulah kata-kata yang sering diucapkan oleh para pengguna worpress. Namun tak semua orang mampu dengan mudah mempelajarinya tanpa ada panduan, dan kali ini kami akan membagikan panduan cara belajar wordpress lengkap secara mudah. Namun sebelum kita masuk ke tahap pembelajaran, ada baiknya bila anda mengenal terlebih dahulu apa itu wordpress.

WordPress merupakan software web publishing yang dapat digunakan untuk menciptakan website, dalam pembuatannya anda tidak memerlukan coding ataupun bahasa pemrograman. Intinya tak harus orang yang pandai IT untuk bisa menggunakannya, dan karena itu wordpress menjadi software yang paling populer saat ini.

Sejak perilisannya di tahun 2003 lalu, wordpress sudah menjadi salah satu software yang sering digunakan oleh masyarakat. Mulai dari membuat blog pribadi, website portofolio, web landing page, situs berita portal, dan masih banyak lagi. WordPress sendiri dibagi dengan dua macam, dimana kedua macam host ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Adalah wordpress.com dan wordpress.org, dan kedua host ini merupakan host dari wordpress sendiri.

Dalam pembelajaran awal wordpress, anda perlu mengetahui berbagai fitur yang ada dalam wordpress. Karena dengan memahami kerja fitur, pastinya anda akan mahir dalam mengotak-atik sendiri wordpress anda dengan mudah. Berikut ini fitur-fitur yang ada dalam wordpress yang bisa anda manfaatkan:

  1. Post

Pada fitur ini anda akan bisa melihat postingan anda, selain itu anda juga bisa melakukan post baru dengan menggunakan add post. Kemudian terdapat pembagian kategori, dimana anda bisa manfaatkan untuk membagi jenis post anda sehingga mudah dicari.

  1. Pages

Pada fitur ini hampir sama dengan fitur post, yang membedakan hanyalah tidak adanya struktur kategori. Untuk fitur pages ini memiliki fungsi sebagai penampil sitemap, privacy policy, contact, about us, dan lain-lain.

  1. Media

Pada fitur ini anda bisa melakukan penambahan, pengeditan, dan juga penghapusan gambar di wordpress anda.

  1. Comments

Pada fitur ini, anda bisa mengatur komentar yang masuk dari publik. Apakah komentar perlu di filter ataukah tidak.

Tentunya ada beragam fitur lain, seperti appearance, plugins, users, tools, dan juga setting yang bsia anda explore sendiri.